Menyiasati Banyaknya Undangan

Seiring bertambahnya umur dan bertambahnya orang-orang yang kita kenal, bertambah pula interaksi kita dengan orang-orang sekitar. Proses interaksi sendiri tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan bermasyarakat, masyarakat yang berperilaku social. Interaksi yang terjadi bisa dalam bentuk sekedar pertemuan sederhana seperti kopi darat (nongkrong), rapat rutin, rekreasi, ataupun kenduri dan semacamnya.

Ketika acara-acara tersebut berlangsung dalam waktu bersamaan, Apa sih yang biasa kita lakukan ? memilih salah satunya untuk dihadiri? berusaha menghadiri semuanya? atau bahkan tidak usah menghadiri satupun dari acara-acara tersebut.



Berikut saya akan memberikan sedikit opini dan ide saya terhadap kondisi tersebut. Kondisinya bisa jadi rapat atau apalah. Namun dalam hal ini dicontohkan adalah saat adanya undangan acara (syukuran,walimah, dan semacamnya).
Bukan hal yang jarang terjadi dimana kita medapatkan beberapa undangan untuk menghadiri acara walimah. Apakah itu teman, saudara, mantan pacar (#eh), temannya teman, atau kenalan lainnya. Acara tersebut bisa berlangsung dalam waktu bersamaan. 

Contohnya bagi saya sekarang adalah, di suatu hari, saya diundang untuk menghadiri 4 acara. 3 acara walimah rekan sekantor, kawan seangkatan, dan kawan se-organisasi, sedangkan satunya acara nikah. Wah, kebetulan banget ya undangannya bersamaan. Hmmm… bergantung kepada saya sendiri sih untuk memutuskan, apakah hanya menghadiri salah satunya, menghadiri semua, atau bahkan tidak dating sama sekali. Kalau memilih hanya pergi di salah satu tempat saja atau bahkan tidak pergi satupun sih itu bukan suatu masalah. Ada waktu, tancap gas, sampe deh. Namun rasanya tidak pas juga. Apalagi semua acara tersebut merupakan kawan-kawan dekat yang sudah tentu mengharapkan kedatangan kita. (untuk konteks ini, dikecualikan kepada pemikiran bahwa dating ngak dating toh yang punya hajatan ngak ingat kita).

Bagi yang ingin menghadiri lebih dari satu tempat, saya sendiri punya beberapa tips :
1.    Lihat dulu kita perginya barengan dengan siapa. Partner yang akan kita ajak untuk pergi bersama juga perlu dipertimbangkan. Apakah kita pergi sendiri, berdua, atau dengan kelompok. Jika pergi sendiri mungkin akan lebih bebas, karna tidak ada sangkut paut dengan yang lain. Kita bisa pergi dengan jadwal sesuka kita. Namun perlu dipertimbangkan juga jika kita merupakan orang yang tidak tepat waktu atau sering menunda-nunda, mengajak teman itu penting bagi kita. Dan jika berkelompok, pertimbangkan juga keadaan kelompok, orang-orang di dalamnya tepat waktu atau tidak dan usahakan untuk mengestimasi waktu ‘terbuang’ dalam menunggu, buat semacam komitmen kecil seperti ‘jika sampe jam sekian belum dating, kita langsung berangkat’. Adakalanya dalam sebuah kelompok, berangkatnya bisa jauh molor hanya karena menunggu satu orang.

2.     Cobalah untuk membuat semacam peta kecil (jalur) yang akan ditempuh nantinya. Jalur yang akan dibuat mempertimbangkan lokasi keberadaan kita dan tempat berkumpul jika berkelompok. Katakanlah ada 3 tempat yang akan kita tuju, usahakan sebisa mungkin membuat tujuan berbentuk garis lurus. Jadi tidak banyak bolak-balik dan menghabiskan waktu di jalan.

3.     Menentukan waktu berangkat. Waktu keberangkatan juga harus diperhatikan. Kebiasaan jika acara pesta (walimah) itu berlangsungnya siang. Waktu pergi diusahakan tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lama. terlalu cepat bisa berakibat keduluan kita pula ntar tu yang sampe daripada pengantin satunya. Hehe… terlalu lama akibatnya ya… orang dah pada pulang kita malah baru nongol.

4.     Buat semacam prioritas. Prioritas kadang bisa manjadi penting ketika rencana yang kita susun tidak bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan di awalnya.

5.     Klo makan liat kondisi. Jangan makannya tak terkendali padahal ada beberapa tempat lagi yang akan kita kunjungi. Hehehe…

Okeh, mungkin sekian dulu hal menurut saya, klo ada pengalaman atau tambahan lain boleh tu di sharing…
Salam,
:)

0 komentar:

Copyright © 2012 Zikra NotesTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.